Jumat, 19 Agustus 2016

Wahai Maba, Jangan Mau (lagi) Dibohongi Mahasiswa FTV


            Welcome para Mahasiswa Baru!
            Rasanya baru kamaren padahal gue dapat kalimat itu dari para senior gue. Baru kemaren pula gue berada di posisi sebagai maba. Waktu emang cepat banget berjalan ya, sekarang gue udah harus ngucapin kata-kata tersebut untuk para adek-adek maba gue. Nggak kerasa gue udah dua semester jadi mahasiswa,  selama dua semester itu pula gue mengalami metamorfosis yang luar biasa jauh berbeda dari masa-masa masih jadi siswa sekolahan dulu. Sumpah! Kehidupan mahasiswa itu jauh banget dari anak sekolah, lebih berat guys! Kalau salama ini kita lihat anak-anak kuliahan di FTV atau di sinetron-sinetron pada senang-senang, itu bohong banget. Pencitraan. Manipulasi.

            Saat masih belajar di MAN dulu gue emang kepengen banget gitu jadi anak kuliahan, gue yakin juga kalian-kalian anak sekolahan saat ini juga merasakan begitu. Hal itu wajar sih, mungkin karena kebanyakan diboongin mahasiswa FTV itu atau kitanya aja yang udah jenuh jadi siswa yang kerjaannya duduk seharian di sekolah, pergi pagi pulang siang. Malahan parahnya lagi 2016 ini mau ada full day school,  di mana lo datang ke sekolah pas matahari terbit dan pulangnya pas matahari udah pamit pulang lagi. Gimana nggak makin jenuh, ya?
            Tapi tekad kuat dan impian-impian kalian, termasuk gue, akan mendadak sirna saat kita udah menjalani dan tahu gimana jadi anak kuliahan itu. Mungkin yang selama ini kita bayangkan emang benar-benar cuma jadi banyangan doang, nggak bisa kita dapatkan secara nyata. Ke kampus cuma buat mencari hiburan, di kelas dosen ngajar mahasiswa asik sendiri, nggak ada kelas berburu gebetan. Nggak gitu sebenarnya. Kalau kalian percaya yang begitu-begitu, kalian emang sudah sukses dibohongi habis-habisan sama mahasiswa FTV itu.
            Sebagai anak yang udah dan masih ngerasain gimana kehidupan para mahasiswa, sedikit gue kasih gambaran untuk para adik-adik maba tercinta. Jadi, seperti yang udah gue katakan sebelumnya, untuk menjadi mahasiswa yang benar-benar mahasiswa (bukan sekedar mahasiswa FTV) banyak hal yang harus kita lalui. Salah satunya adalah sebagai mahasiswa kita harus bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu dalam kehidupan perkuliahan.
            Awal-awal masa kuliah emang kedengarannya menyenangkan, kita bisa dapat teman baru. Kalau waktu dulu sekolah paling teman-temannya cuma anak sedaerah atau bahkan teman-teman main sendiri di rumah, saat masuk dunia perkuliahan kita bisa berkenalaan dengan teman-teman dari berbagai daerah berbeda. Bahkan pula berbeda suku, bahasa dan juga agama. Kehidupan anak kuliahan emang banyak perbedaannya, dan dari perbedaan itulah kita (anak kuliahan) bisa menemukan banyak pengalaman baru untuk bekal hidup nanti.
            Namun begitu, dunia perkuliahan adalah dunia yang bebas dan serba sendiri. Kenapa gue bilang begini? Soalnya nih kalau dulu di sekolah kita masih diawasi guru, dan apa-apa yang kita lakukan harus diketahui oleh guru. Nggak masuk sekolah ditanyain, kalau ngasih alasan bohongan juga masih tetap ditanyain. Beda banget sama di kampus, lo nggak masuk ya dosen bodo amat. Lo izin ya syukur, nggak ada keterangan sampai beberapa kali pertemuan, ya silakan ngulangan tahun depan. Gampang aja, kan! Iya gampang, kalau lo kuliahnya cuma main-main, nggak ada niatan untuk lulus.
            Menjadi anak kuliahan itu lo harus bisa lebih mandiri, misalnya nih dosen ngasih tugas, ya sebisa mungkin harus lo kerjain sendiri jangan ngarep sama teman. Waktu sekolah dulu sih gampang, ada tugas, nggak bisa atau malas ngerjain ya tinggal nyontek teman besoknya. Kuliahan nggak bisa gitu kawan, biasanaya tugas satu mahasiswa dengan yang lain itu beda. Tapi tergantung dosennya juga sih, kalau dianya nggak mau repot-repot periksa tugas, ya terpaksa ngasih tugas yang sama seluruh kelas. Mungkin saat itu keberuntungan ada dipihak lo, tapi yakin deh itu nggak akan bertahan lama.
            Soalnya nih, akan ada saatnya nanti kalian penelitian dan bikin laporan, kalian akan ngerasain gimana susahnya bikin karya sendiri, nggak jiplak punya orang. Apalagi saat udah semester akhir, tugas wajib mahasiswa bikin skripsi, yang susahnya pengen minta balik jadi anak TK lagi. Tapi sayang, nggak bisa. Kalau mau lulus dan dapat gelar sarjana, ya harus kudu wajib nyelesain skripsi. Jangan sampai saat lo nyusun skipsi ini lo masih pada ngandelin keahlian copy paste punya orang, mati aja lo sono!
            Sebagai mahasiswa, mandiri itu adalah suatu keharusan dan harus dimulai saat-saat awal perkuliahan agar nantinya terbiasa. Nggak cuma mandiri, tepat waktu juga kewajiban anak kuliahan. Kalau masa-masa sekolah dulu telat masuk paling dihukum doang, udah gitu boleh masuk lagi. Tapi dalam perkuliahan, telat masuk ya udah silakan balik rumah atau tunggu aja jam berikutnya. Kalian nggak bakal dibolehin masuk kalau udah lewat batasan waktu yang disepakiti dalam kontrak kuliah antara dosen dan mahasiswa saat awal masuk kuliah dulu. Kalau di kampus gue kayak gitu aturannya. Di kampus lain juga gue yakin nggak ada dosen yang mau menunggu mahasiswanya. Nggak ada! Kecuali yang telat dosennya, kita mahasiswa wajib menunggu. Maklumin, kan dosen.
            Mahasiswa itu juga harus banyak-banyak belajar sabar dan mengalah. Bagaimana kita harus sabar ngadapin kemauannya dosen. Misalnya nih, dosen ngasih tugas dan kudu dikumpulin minggu depan. Pas minggu depan kumpul eh taunya nggak sesuai yang diminta, ya harus perbaikin. Kalau butuh biaya, ya kudu ngerogoh kantong sendiri lah. Dosen mah tinggal terima beres sesuai yang dia harapkan, bodo deh lo ngerjainnya gimana. Mau nggak tidur tiga hari empat malam kek, lo nggak sempat makan karena tugas itu kek, itu semua derita lo sebagai mahasiswa.
            Belum lagi ada dosen yang suka lupaan. Lo rela bangun pagi-pagi padahal semalam abis begadang bikin tugas, tapi lo nggak bisa apa-apa karena ada jam kuliah pagi. Udah gitu mandinya asal-asalan biar nggak makin telat ke kampusnya. Sampai kampus eh dosennya malah belum datang. Sebagai mahasiswa pun lo dan teman-teman pada nunggu tuh dosen. Lima menit lewat. Sepulu menit. Setengah jam. Empat puluh lima menit, juga udah lewat. Tapi dosennya masih belum muncul juga. Oke. Akhirnya teman yang menjadi ketua di kelas coba telpon dosennya. Pas diangkat dan tanya kenapa beliau belum datang, eh jawabannya simpel banget.     
            "Bapak lagi di luar kota. Semalam berangkat dan lupa ngabarin kalian kalo kita nggak masuk."
            Hanya itu. Dan kita, sebagai mahasiswa yang harus super sabar, ya harus nerima kenyataan. Mau nyalahin dosen karena udah buang-buang waktu kita (yang sebenarnya masih bisa dipake buat lanjutin mimpi tadi pagi) nggak bisa. Dosen nggak pernah salah, mahasiswa yang harus mengalah.
            Kalau udah nggak masuk gini, biasanya kalau dosen itu baik, dia bakalan minta waktu lain buat ganti jam sebelumnya biar materi kuliahnya nggak ketinggalan. Tapi, yang pastinya terserah dosen yang ngatur di luar jam kuliah lain. Sebagai mahasiswa ya kita harus kudu berkorban meninggalkan kegiatan yang nggak penting-penting banget demi ngejar ketertinggalan mata kuliah karena dosen yang berhalangan ini. Sebenarnya yang tadinya dosen yang nggak masuk, malah kita yang harus berkorban. Namanya juga dosen, nggak pernah salah, dan sebagai mahasiswa ya harus mengalah lagi.
            Itu hanya sebagian tipe-tipe dosen yang ada di dalam per-kampus-an, masih banyak lagi tipe dosen lain yang membuat mahasiswa harus siaga satu untuk selalu mengalah (kalau begini caranya sih, lama-lama lagu Selalu Mengalah- nya Seventeen bakalan jadi lagu wajibnya mahasiswa nih!). Terlebih lagi nih kalau ada dosen yang suka ngambek-an, ribetnya lagi dosennya cewek lagi. Repot bray! Butuh kesabaran super doble tambah kubik ekstra buat menghadapinya. Belum lagi pacar sendiri masih ngambek gara-gara balas chat telat, eh ditambah lagi dosen yang ikutan ngambek gara-gara salah bikin tugas. Ya Allah, besarkan hati kami para mahasiswa ya Allah.
            Dari sekian banyak tipe dosen yang harus lo hadapi di tiap mata kuliah dan tugas-tugas yang mereka berikan, di luar jam kuliah sebagai mahasiswa juga harus mencari pengalaman berorganisasi. Selain akademik, berorganisasi juga bagian dari kehidupan mahasiswa di kampus maupun luar kampus. Karena di organisasi inilah kita akan banyak menambah wawasan dan pengalaman yang nggak semuanya kita dapatkan dari belajar dalam kelas di kampus. Organisasi adalah tempatnya mahasiswa unjuk kebolehan minat dan bakatnya agar semakin berkembang dan dapat diandalkan. Dalam organisasi pula kita  bakalan banyak mendapatkan teman dan jangkauan tentang dunia kerja sehingga nantinya saat lulus bisa lebih gampang mendapatkan perkerjaan.
            Kadang kala karena organisasi ini, ada mahasiswa yang rela mengorbankan akademiknya demi lebih leluasa berorganisasi. Mereka lebih memilih kegiatan organisasi ketimbang ikutan mata kuliah di kelas. Kebanyakan dari mereka kadang beralasan salah jurusan, makanya dari pada pusing belajar di kelas mending nyantai di oragnisasi. Ada juga yang kuliah biar bisa masuk organisasi, ini sih mahasiswa yang nggak punya minat kuliah, palingan kuliah karena paksaan orang tua. Jadi nggak cuma dosen, mahasiswa juga banyak tipenya. Nggak semuanya sama.
            Terlepas dari susahnya menghadapi berbagai tipe dosen dan kesusahan lain di kampus, sebenarnya menjadi mahasiswa itu juga ada enaknya kok. Misalnya nih, lo nggak ada kelas, waktu lo itu bisa dipakai untuk keperluan lain. Bisa buat nyalurin hobi di organisasi lah. Ngumpul seru-seruan sama teman-teman lah. Jalan-jalan ke mana kek. Pokoknya nggak bikin lo bosan di kampus terus. Beda kalau saat sekolah kalau ada jam kosong kita masih tetap harus di sekolah, nggak bisa kemana-mana. Jangankan keluar sekolah, keluar ke kantin aja kadang nggak boleh.
            Jadi, buat kalian para maba yang bentar lagi akan menjadi mahasiswa yang sesungguhnya, mungkin saat ini masih boleh lah menganggap kuliah itu gampang. Kuliah itu keren. Tapi pada saatnya nanti kalian udah merasain jadi anak kuliahan ya, jalani saja kehidupan kalian sebagai mana mestinya, kuliah kan keinginan kalian. Mengeluh boleh saja, asal jangan semuanya dikeluhin dan jangan pula waktu mengeluh kalian mengganggu aktivitas kuliahnya, ya. Terlebih lagi,  jangan sampai ada yang frustasi dan berhenti kuliah cuma gara-gara tahu kalau selama ini kalian dibohongin sama mahasiswa FTV. Semoga nggak ada yang sampai kayak begitu.
            Sekali lagi gue sebagai mantan maba yang bentar lagi masuk semester tiga dan harus lepas segel ke-maba-an, gue mengucapkan, Selamat Datang untuk kalian para Mahasiswa Baru! Selamat menikmati masa-masa yang sudah kalian dambakan sebelumnya, jangan sampai ada yang menyesal karena nggak sesuai yang diharapkan, ya. Jalani saja, semua akan indah saat nama lo nggak cuma diakhiri nama bapak lo doang, tetapi juga gelar yang sudah susah payah lo dapatkan. Sekian.
Salam Mahasiswa!
           

2 komentar:

  1. penasaran sekaligus khawatir dengan kenyataan nantinya menjadi mahasiswa baru seperti apa. Setidaknya, sekarang saya punya sedikit gambaran tentang perkuliahan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha santai aja, yang penting nggak ngarep bisa seperti mahasiswa FTV itu aja sih. thanks udah mampir ya :))

      Hapus