Kamis, 04 Juni 2015

Namanya juga Perjuangan!



            Hai! Ketemu lagi sama gue. Udah lama banget nih nggak ngepost. Lamaaaaaaaaaaaaa banget! Banyak banget ya A nya? Udahlah, udah terlanjur mencet.
            Btw, pada tau nggak kenapa gue nggak  pernah bikin post di blog? Nggak, kan? Sama, gue sendiri juga nggak tahu. Yaah…
biar kata blog gue masih baru dan postingannya juga cuma itu-itu doang, yang penting kan ada isinya. Ibaratkan kebun, kebun gue udah ada beberapa pohon. Ada kelapa, pinang, mangga, pisang, rumput and etece. Walaupun cuma sebatang-sebatang doang, pentingkan ada. Kalau musim-musim panas gini masih bisa bergunalah buat orang berteduh, dari pada kebun sebelah yang masih  kosong plus melompong lagi. *Lah! Kok pada ngebahas kebun sih?*
            Oke! Langsung aja, untuk post pertama gue setelah lima bulan berlalu ditahun 2015 ini *whattt? Lima bulan? Baru nyadar gue udah lama banget blog ini nganggurnya?* ahsudahlah untuk apa mengingat masa lalu. huft... Jadi, tepatnya post pertama dibulan juni ini. Gue mau sedikit curhat nih tentang hal-hal apa saja yang gua alami selama masa-masa peralihan dari putih abu-abu menjadi mahasiswa baru a.k.a maba!
            Kalian yang pernah atau lagi ngerasainnya pasti tahu kan, gimana sih sibuknya anak-anak yang bentar lagi akan mendapat embel-embelan “mahasiswa” dibalik namanya? Ribettt banget! Lebih ribet dari emak-emak yang pada mau kondangan. Emang iya? Jawabannya pasti, iya! Kalau menerut gue sih, tau deh yang lain pada berpendapat gimana. Eh tapi, nggak gue juga, beberapa temen gue juga punya pendapat yang sama.
            Tapi, gue sedikit beruntung sih. Soalnya, Alhamdulillah banget gue itu lulus SNMPTN, jadi nggak seribet teman-teman gue yang lain yang masih harus tes ini-itu lagi. Iya sih, gue emang nggak perlu harus belajar-belajar dan ngulang lagi pelajaran SMA biar bisa jawab soal-soal untuk tesnya, itu undah bersyukur banget. Tapi ya itu, ribet juga harus urus macam-macam buat ngumpulin berkas yang diperlukan saat pendaftaran ulang tanggal 9 juni mendatang. Harus bolak-balik ke sekolah buat bikin ini-bikin itu, ngurus SKL. Nunggu SKHUN keluar. Fotocopy rapor. Daftar UKT. Nungguin kamu sadar, oke abaikan bagian terakhir.
            Pokoknya macam-macam deh, ribet kalo diingat. Kalau gue sih, jalanin aja dulu. Karena gue nggak sendiri, banyak teman-teman gue yang bernasib sama. Lagian karena itu juga kita bisa ngumpul-ngumpul lagi biar udah nggak sekolah. Jadi, manfaatin aja apa yang ada selagi masih ada waktu.
            Dari sekian banyak hal-hal ribet yang udah dan sedang gue lakuin –baru tadi pagi soalnya-  adalah waktu pembayaran UKT-nya. Udah ribet pas ngeluarin uang, ribet pula pas mau bayarnya! Iya, ribet banget. Kalo kata temen gue nih, mending nggak usah kuliah, dirumah aja kalo nggak nyangkul disawah! Tapi, kalo kata gue nih, dari pada dirumah mending mondok, jadi anak pesantren gitu! Soalnya, yang penting bagi gue asal nggak dirumah. Itu aja!
            Oke, balik lagi ke pembayaran uang kuliah tunggal a.k.a UKT, istilah baru untuk anak kuliahan. Gue bayarnya baru aja tadi pagi sebelum gue buat postingan ini. Sebelumnya, gue kasih tau dulu alternatif pemabyarannya. Ada 3, yang pertama melalui teller bank yang telah ditentukan. Kedua lewat ATM, dan karena gue nggak punya ATM dengan sangat tidak terpaksa –ya mau gimana lagi, masa saat itu juga gue langsung bikin ATM-nya?- alternatif kedua langsung hilang dari daftar gue. Untuk alternatif ketiga, boleh datang ke Biro kampus karena orang-orang bank datang langsung kesana. Dan kalian semua tau, gue bayarnya langsung ke kantor pusat BIRO Universitas tempat gue (akan) kuliah itu. Kurang baik gimana lagi gue coba?
            Tau kenapa gue milih yang ke 3? Karena yang ketiga itulah yang terakhir, dan biasanya nih yang terakhir itu paling-paling benar dan paling-paling langgeng(?). Kayak cinta nih, kalo yang pertama kan bisa tergantikan dengan yang kedua, ketiga, keempat dan seterus-setersnya tuh. Tapi kalo cinta yang terakhir kan nggak mungkin tuh digantiin, namanya aja udah terakhir. Masa mau balik lagi ke yang pertama, kan gak luchu??
            Udah ahh! Ngapain pada ngebahas cinta pertama dan terakhir sih! Kayak Sherina aja. Kau cinta… pertama dan terakhir ku…. Duhh. *jadi pada nyanyi lagi.*
            Baiklah, balik lagi ke topik tadi. udah sampai mana ya? *baca lagi keatas* oh iya, udah sampai kenapa gue milih datang langsung ke biro kampus padahal kan masih ada teller bank sebagai alternatif yang pertama. Yaahh… seperti yang udah gue jelasin tadi karena yang terakhir itu lebih benar. Tau kenapa lebih benar?  ya kerena emang benar, kan udah yang ketiga dan terakhir. Haha.. nggak ding! Sebenarnya itu, gue nggak tau dimana banknya yang telah ditentukan itu hiks…hiks… kasihan banget ya gue? iya, kasihan bangettt!!! Lebihnya lagi, gue sama teman gua yang senasip-seperjuangan sama gue itu nggak mau ambil pusing. Iyalah, ini duit mainnya dan bukan duit monopoli, dan juga bukan seribu-dua ribuan doang. Banyak beud! Jadi ya udah, walau harus jauh-jauh kesana naik angkot. Tapi nggak apa-apa, namanya juga perjuangan.
            Gue dari pagi udah siap-siap dan nugguin teman di depan rumah yang janjian kita perginya jam 8, eh taunya 8.30 baru naik angkot. Sebenarnya perjalanannya Cuma paling butuh waktu 30 menitan sampainya. Karena kebutulan kita perginya bukan mobil pribadi, ya mau nggak mau harus nerima. Tukang angkotkan lagi nyari duit, emang dipikir taksi apa bisa diperintah-perintah. Terpaksa deh kita sampai sana hampir setengah jam. Tapi itu nggak langsung sampai kampusnya, kira-kira ada satu kilometeran lebih lagi lah baru sampai kesana. (benar enggaknya gue gaktau, gak semoat ngukur sih.)
            Untuk mahasiswa yang nggak bawa kenderaan pribadi biasanya disediain bus buat kesana. Ada juga tukang ojeknya, kalo kita nyebutnya RBT. Bukan ring back toon, loh ya! RBT itu kalo nggak salah singkatan dari ‘rakyat banting tulang’. Benar apa nggaknya gue nggak tau deh. Selain itu ada juga yang sampai disana numpang sama kawan yang kebetulan lewat. Dan pilihan yang paling-paling terakhir adalah… jalan kaki!
            Kalian semua pasti tahu gue sama teman gue yang itu pilih yang mana? Haha… pinter banget deh ya. Iya, kami pilih yang terakhir seperti sebelumnya. Duh! Suka banget ya yang akhir-akhir. Jalan kaki pulang-pergi! Nasib-nasib. Mau gimana lagi. Busnya nggak ada dan malah ketemunya ditengah jalan dengan arah yang berbeda, nggak mungkin kan kita suruh sopirnya balik lagi. Lagian juga gue sama teman gue cuma maba alias mahasiswa baru. Balagu baget namanya! Pulangnya juga bus itu baru balik jemput mahasiswa lain. Yang ini kan lebih nggak mungkin, masa gue minta tuh mahasiswa turun dan minta busnya balik buat anterin kami. Cari mati namanya! Belum apa-apa juga, udah bikin gila!
            Untuk naik ojek atau rbt itu, jujur gue sama sekali belum pernah dan si teman juga nggak berani naik kalo bukan orang yang dia kenal. Jadi dengan secepatnya, alternatif itu kami hapus dari daftarnya. Kalo untuk numpang, mau numpang sama siapa? Kita sama sekali nggak punya teman disitu. Jadi, mau nggak mau yang harus jalan kaki sejauh 1 kilometean gitulah untuk sampai pas ditempat tujuan. Dan kalian semua tau cuaca ditempat gue lagi gimana, kayak di tanah arab coy! Panas banget. Benar-benar nasib, udah jalan kaki+jauh+panas lagi. Namanya juga perjuangan. Berjuang… berjuang sekuat tenaga… *malah nyanyi*
            Tapi beruntung banget pas pulangnya, walau juga masih sama berpanas-panasan jalan kaki sampai kaki lecet gara-gara pakai sepatu dan gue nggak pake kaos kaki(?) Pas pulang kita nggak lagi naik angkot, tapi naik mobil pribadi, udah gratis ber AC lagi. duh! Adem banget deh abis panas-panasan. Bukan mobil Om-Om ya, kalian jangan pada nethink dulu deh. Itu mobilnya kakak teman gue. nggak dijemput juga, Cuma kebetulan ketemu dijalan pas mereka lagi mau pulang ke rumah. Tapi nggak gitu juga, sebenarnya ada embel-embelan minta juga sih. Tapi juga kebetulan. Taukan maksudnya gimana? Gini loh, kakanya teman gue itu abis dari rumah meretua mau pulang kerumanya, karena kebetulan lewat jalan yang sama, yang udah teman gue minta ditungguin deh, gitu! Dan akhirnya kita sampai deh dirumah dalam keadaan seperti semula, biar kata udah sedikit lecek. Dan gue sendiri nih, pulangnya langsung tepar!
           
 Nah! Gitu tuh ceritanya kesibukan gue dimasa hari-hari menjelang jadi mahasiswa baru. Ribet nggak? Menurut gue sih ribet, tapi seru banget (yaah biar kata masih polos dan bego-begonya sih ehee). Nggak apa-apa deh walau kaki gue lecet dan kembung juga yang didalamnya berair kayak abis kena api (kalian tau kan maksud gue?) Itu mah belum seberapa, nanti pas udah jadi mahasiswa benaran baru ngerasain perjuangan yang benar-benar perjuangan. Tunggu aja!
            Gila! Banyak banget gue ngocehnya. Okefix!…namanya juga untuk yang pertama kalinya ngepost lagi. sekalian juga gue mau nyeimbangin kerjaan kaki sama tangan nih. Tadi pagi kan gue udah olah raga jalan kaki pulang-pergi 2 kilometeran lebih kurang lah pokoknya, nah sekarang gue olahraga tangan dengan nulis. Udah ah! Capek juga nih. Kapan-kapan ketemu lagi deh! 

Salam Mahasiswa!
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar