Selasa, 03 Maret 2015

Ulang Tahun Kebetulan



            Cerita ulang tahun, ya? Kalau dipikir-pikir, gue hampir nggak pernah ngerayain ulang tahun sama sekali. Seiingat gue sih emang gitu. Paling juga ada satu dua orang yang ingat dan ngucapin. Bahkan orang tua gue aja sering lupa kalau anaknya ulang tahun. Jangankan tanggal lahir, umurnya aja bisa nggak ingat.
            Keluaarga gue sih emang nggak pernah bikin acara-acara ulang tahun, gitu. Ada juga waktu kecil, itu pun bukan dirayain. Paling Cuma dibeliin semangkok bakso doang. masih mending sih dari pada sekarang nggak sama sekali.
            Walaupun gue tergolong kaum minus perayaan ulang tahun, kalau perihal cerita ulang tahun gue juga ada, nih!
            Jadi, gini… pada zama dahulu..u..u..u..u
            Loh! Kenapa jadi kayak tok Dalang yang lagi bacain cerita buat Upin&Ipn dkk?

            Oke. Sekarang serius.
            Gini ceritanya, waktu itu tepat pada saat gue ulang tahun yang ke-17 tahun. Iya, 17. Yang udah ngerasaiin angka tujuhbelas pasti tau, kan, perasaan saat-saat ultah ke-17 itu? Apalagi bagi seorang cewek kayak gue. gue senang dong pastinya umur gue udah 17. Saat dimana gue udah bisa dimintai pendapat dan saat dimana gue dianggap jadi WNI alias ber-KTP.
            Waktu itu gue masih SMA dan itu adalah ultah pertama gue yang dirayain bareng teman-teman gue. Eh, nggak dirayain juga sih. Cuma sekedar dikasih hadiah cuma-cuma doang plus yang ngucapin B'day-nya sedikit lebih banyak dari ulang tahun yang belakang-belakang.
            Sekedar ngasih tau aja ya, ulang tahun gue itu barengan dengan anak satu kelas gue yang waktu itu juga menjelma jadi ketua kelas gue. Yup! Gue ultah bareng ketua kelas gue. Lo semua pada tau nggak kenapa ulang tahun gue dirayain? Hahaha. Kalian benar. Karena si ketua kelas gue juga ultah dan kebetulan gue juga ultah. Maka dari itu (dengan sangat berterima kasih entah kepada siapa) gue ngerasain yang namanya ultah dirayain meski cuma-cuma. Sebenarnya gue sama sekali nggak tahu kalau hari itu selain gue ternyata ada juga yang ulang tahun. Gue nggak salah juga sih, soalnya gue sama si ketua kelas kan baru waktu itu sekelasnya.
            Oke. Mungkin itu sedikit bayangan cerita ultah gue yang gue rasa sedikit... Ah! Gue sampai bete sendiri kalau keingat itu. Tapi.. Baiklah akan gue ceritain cerita jelasnya.
            Gue tipe orang yang mood-nya sering nggak beraturan. Sekarang bisa happy sebentar lagi bisa mendadak galau. Gue juga bukan tipe yang banyak ngomong apalagi sama yang nggak nyambung. Tapi, kalau sama yang pas dan nyambung malah gue yang nggak bakal diam-diam kalo sudah ngomong. Karena ketua kelas gue orangnya termasuk yang nggak nyambung sama gue, gue jarang banget ngomong sama dia kecuali emang perlu.
            Hari itu jatuh pada hari senin tepat saat jam istirahat. Dan waktu itu juga mood gue sedang berada di level Bad-nya. Gimana nggak badmood, semalam gue begadang, bukan nunggu yang ngucapin ultah, lagian siapa juga yang mau begadang buat ngucapin ultah gue. Malam itu gue begadangnya karena nonton tim bola favorit gue. Duh.. anak bola banget kan ya? Paginya gue bangun cepat dan dalam keadaan masih ngantuk banget gue pun berangkat sekolah. Di sekolah paginya ada Upacara bendera dan gue nggak mungkin ngelanjutin tidur sambil berdiri ngikutin upacara. Jadinya, karena jam pertama dan kedua guru yang ngajar super killer, gue harus mati-matian nahan kantuk. Pas jam pelajaran ketiga yang jutuh pada pelajaran Fisika gue pun langsung tertidur. Selain karena gue benar-benar ngantuk, materi pelajaran satu itu juga kayak emang nyuruh gue tidur.
            Setelah itulah kejadian itu terjadi, tepat saat jam istirahat. Gue nggak tau kenapa si ketua kelas muncul depan kelas dan nyuruh yang lain jangan keluar. Karena tidur gue udah keganggu dan perut gue juga lagi laper, gue langsung ngomel-ngomel. Gue kan tadi udah bilang, kalau mood gue suka nggak pas. Tapi, akhirnya gue juga nurutin perintah si ketua.
Selanjunya gue nggak tau dia ngomong apa depan kelas. Gue baru dengar jelas saat dia bilang kalau dia ulang tahun dan yang lain langsung koor ngucapin, kecuali gue dan teman sebangku gue yang sifatnya sebelas-duabelas dengan gue. Kita hanya saling padang. Sama-sama nggak tahu.
            Gue baru sadar saat dia bilang “Hari ini ada juga teman sekelas kita yang berulang tahun. Blablabla.” Gue nggak tahu lagi dia ngomong apa, yang gue ingat nama gue dipanggil. Antara yakin dan nggak gue hanya bisa nyengir saat yang lain ngucapin ultah ke gue. setelah itu gue disuruh maju ke depan, gue sedikit malas sih tapi gue bangun juga. Si ketua ngasih ucapan selamat ke gue dan kado kecil-kecilan.
            Lo semua tahu apa yang terjadi setelahnya? Ah! Kalau mengingat ini gue jadi pengen ngeganti tanggal lahir, deh! Gimana enggak, ternyata di balik perayaan ulang tahun gue yang barengan dengan si ketua itu ada skenarionya. kalau lo pikir seperti kejadian disinetron-sinetron setelah itu gue akan ditembak atau kado itu berisi cincin atau apa, gitu. Lo salah besar. Sama sekali bukan hal itu. Lagian gue juga pasti ogah.
            Oh, iya. Gue lupa ngasih tahu kalian kalau sebelum gue ultah ada juga teman sekelas gue yang cewek ultah. Kira-kira sekitar 10 hari sebelum gue dan itu adalah perayaan ultah pertama dikelas gue. Kalian tahu siapa pencetusnya? Lagi-lagi kalian benar, ketua kelas gue. sebelumnya sama sekali nggak ada perayaan ultah kacuali hanya ucapan-ucapan saja. Dan lo semua pada tahu, perayaan ultah gue hari itu ternyata emang benar hanya kebetulan saja. Karena setelahnya kelas gue sama sekali tak ada perayaan ulang tahun lagi.
            Si cewek itu yang pertama dan si ketua yang kedua. Sedang gue hanya numpang lewat saja. Gue hanya pemain figuran karena ulang tahun ‘kebetulan’ gue itu. Dari awal ada perayaan yang tiba-tiba itu gue sama teman sebangku gue udah curiga kalau sepertinya ‘ada udang dibalik bakwan.’ Ternyata emang benar udang itu sebunyi dibalik bakwan. Yang sedihnya adalah nasib ulang tahun gue yang hanya kebetulan itu. Padahal dulu gue lahirnya bukan dalam keadaan kebutulan. Tahu gini, mending ultah gue nggak usah ada perayaan aja deh!
            Tapi, ultah ‘kebetulan’ gue juga punya manfaatnya hari itu. Karena acara ultah dadakannya si ketua, gue jadi nggak kelur kelas. Jadinya, gue bebas dari rentenir KW yang nagih-nagih utang ke gue. gue lupa cerita sama kalian kalau gue itu adalah anak rumahan yang paling malas keluar-keluar. Sampai pulsa saja gue langganan isi di teman yang akhirnya duit pulsa gue jadi numpuk.
            Hari itu gue benar-benar bokek banget gara-gara hari minggunya habis ngeborong novel dari gramedia. Gara-gara ultah ‘kebetulah’ yang menurut gue lebih ke-ngenes-nya dari pada senang, gue jadi nggak perlu repot-repot bikin alasan buat teman gue. Lagian, kalau dipikir-pikir ultah ‘kebetulan’ gue itu juga ada berkahnya. Gue sama teman-teman sekelas gue bisa berhemaat ria hari itu. Lo tahu sendirikan yang ultah adalah ketua kelas, jadi kita ditraktir deh seluruh kelas. Giman nggak berkah coba? Kalau ingat itu, gue kayaknya harus berpikir ulang deh buat ganti tanggal lahir. haha
segitu aja deh cerita ulang tahun ngnes gue. kalau yang lain ultah sweet seventeen pada bahagia, gue nggak apa-apa deh agak-agak ngenes. yang penting gue happy ^_^


'Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway Blogger Energy'
cek disini >> www.bloggerenergy.com/2015/02/giveaway-blogger-energy-ultah-terngenes.html
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar